Cara Membuat Form (formulir) dengan Bahasa HTML

Cara Membuat Form (formulir) dengan Bahasa HTML - Hallo sahabat Info Ndeso, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Membuat Form (formulir) dengan Bahasa HTML, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel KELAS X, Artikel PEMROGRAMAN WEB, Artikel SMK TKJ, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Membuat Form (formulir) dengan Bahasa HTML
link : Cara Membuat Form (formulir) dengan Bahasa HTML

Baca juga


Cara Membuat Form (formulir) dengan Bahasa HTML

Belajar membuat form dengan bahasa pemrograman HTML

Form adalah sebuah antarmuka atau interface yang berfungsi untuk mengumpulkan data dari user. Hasil dari isian form tersebut akan diproses untuk disimpan ke dalam database dengan menggunakan bahasa pemrograman web selain html, seperti PHP, ASP, JSP atau JavaScript. Namun pada materi ini pembuatan form masih belum sampai ke proses penyimpnan data ke dalam database hanya sampai pada tampilan di web client atau browser saja.

Contoh dari sebuah form adalah seperti di bawah ini :

cara membuat form dengan html

Form di atas menyediakan fasilitas untuk mengisi data pribadi, data tersebut akan disimpan ke dalam database pada saat tombol Kirim diklik. Sebenarnya pada saat tombol Kirim diklik, form tersebut akan menjalankan sebuah program untuk menyimpan data. Program tersebut hanya bisa dijalankan di server, bahasa pemrogramannya pun bukan HTML lagi, tapi bahasa pemrograman web seperti yag telah disebutkan di atas.

Elemen Form HTML

Sebelum kita bahas cara membuat form dengan html, sebaiknya kita mengetahui elemen-elemen dari sebuah form. Form dalam bahasa HTML dibentuk dari beberapa elemen form, masing-masing elemen didefiniskan dalam bentuk tag. Berikut adalah elemen-elemen dari sebuah form :

Simbol
Nama
Tag
Text Field <input type="text"/>
Password Field <input type="password"/>
Text Area <textarea> </textarea>
Combo Box <select> </select>
Check box <input type=checkbox"/>
Radio Button <input type="radio"/>
Button <input type="submit"/>


Atribut Form dan Elemen-elemennya

Tag <Form...>

Fungsi : Tag ini berfungsi untuk mendefinisikan sebuah form

Atribut-atribut
name : untuk memberikan nama form
methode : cara pengiriman data pada server dengan memberikan nilai salah satu di bawah ini yaitu :
  • Get : mengirim data pada server dengan cara meletakan data pada bagian akhir URL yang ditunjuk.
  • Post : mengirim datanya secara terpisah.
Perbedaannya, jika kita mengisi atribut method dengan get (dimana ini adalah nilai default seandainya kita tidak menuliskannya) maka isian form akan terlihat pada url browser. Method get ini biasanya digunakan untuk query pencarian. Method post biasanya digunakan untuk data yang lebih sensitif seperti yang berisi password, atau registrasi user. Data hasil form tidak akan terlihat pada browser.

action : menentukan lokasi dari script yang akan memproses data dari form.

Struktur dasar form akan terlihat sebagai berikut:
<form &nbsp name="form1" action="login.php" method="post">
...isi form...
</form>
Form tersebut memiliki nama form1, pada saat tombol submit/login di klik, maka form ini akan menjalankan script php yang ada pada file login.php, data-data yang sudah diisi akan dikirim ke server dengan menggunakan metode post.

Demikian sedikit penjelasan mengenai Cara Membuat Form (formulir) dengan Bahasa HTML. Untuk lebih memahami lebih lanjut mengenai form ini, silahkan pelajari Elemen-elemen form html dan fungsinya.

Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat !.


Demikianlah Artikel Cara Membuat Form (formulir) dengan Bahasa HTML

Sekianlah artikel Cara Membuat Form (formulir) dengan Bahasa HTML kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang sedang membaca artikel Cara Membuat Form (formulir) dengan Bahasa HTML dengan alamat link halaman https://tutorwow.blogspot.com/2016/12/cara-membuat-form-formulir-dengan.html

0 Response to "Cara Membuat Form (formulir) dengan Bahasa HTML"