Pengertian, Jenis-Jenis, Perbedaan RAM Dan ROM

Pengertian, Jenis-Jenis, Perbedaan RAM Dan ROM - Hallo sahabat Info Ndeso, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian, Jenis-Jenis, Perbedaan RAM Dan ROM, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel komputer/gadget, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian, Jenis-Jenis, Perbedaan RAM Dan ROM
link : Pengertian, Jenis-Jenis, Perbedaan RAM Dan ROM

Baca juga


Pengertian, Jenis-Jenis, Perbedaan RAM Dan ROM


Memori merupakan media penyimpanan data pada komputer, jenis memori dibagi menjadi dua, yaitu RAM dan ROM.

1) RAM (Random Access Memory)
RAM adalah memori yang dapat dibaca atau ditulis. Data dalam sebuah RAM bersifat  volatile, artinya data akan terhapus bila arus Iistrik mati. RAM hanya digunakan untuk menyimpan data sementara, yang tidak begitu vital saat aliran daya terputus. Jenis RAM sangat bervariasi, di antaranya:

a) DRAM  (Dynamic RAM) adalah  jenis  RAM  yang  secara  berkala  harus diperbarui oleh CPU agar data yang terkandung di dalamnya tidak hilang.

b) SDRAM (Synchronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang paling umum digunakan pada PC masa sekarang. RAM ini disinkronisasi oleh jam sistem dan memiliki kecepatan lebih tinggi dan pada DRAM.

c) SRAM  (Static RAM) adalah jenis memori yang tidak perlu pembaruan oleh CPU agar data yang  terdapat di dalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi dan pada DRAM.

d) RDRAM (Rambus Dynamic RAM) adalah jenis memori yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM.

e) EDORAM  (Extended Data Out RAM)  adalah  jenis  memori  yang  digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium.

f) DDR  (Double Data Rate)  tipe  RAM  yang  menggunakan  teknologi  double clock cycle. DDR sekarang sudah semakin berkembang dengan munculnya DDR2 dan DDR3 yang memiliki kecepatan yang sangat tinggi.


2) ROM (Read Only Memory)
ROM adalah memori yang hanya dapat dibaca. Data yang tersimpan dalam ROM  bersifat  non  volatile,  artinya  data  tidak  akan  terhapus  meskipun  arus  listrik mati. Ada beberapa tipe ROM, di antaranya ROM murni, PROM, EPROM, dan EEPROM.

a)  PROM  (Programmable ROM) merupakan sebuah cip memori yang hanya dapat diisi data satu kali saja, ROM jenis ini dapat diprogram sendiri oleh pemakai.

b) EPROM (Eraseable Programmable ROM) adalah jenis chip memori yang dapat ditulisi program secara elektris. Program atau informasi yang tersimpan di dalam EPROM dapat dihapus bila terkena sinar ultraviolet dan dapat ditulisi kembali. 

c)  EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory) hampir  sama  dengan  EPROM,  hanya  saja  untuk  menghapus  datanya memerlukan arus listrik.


Demikianlah Artikel Pengertian, Jenis-Jenis, Perbedaan RAM Dan ROM

Sekianlah artikel Pengertian, Jenis-Jenis, Perbedaan RAM Dan ROM kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang sedang membaca artikel Pengertian, Jenis-Jenis, Perbedaan RAM Dan ROM dengan alamat link halaman https://tutorwow.blogspot.com/2018/05/pengertian-jenis-jenis-perbedaan-ram.html

0 Response to "Pengertian, Jenis-Jenis, Perbedaan RAM Dan ROM"