Perbedaan Ikatan Kovalen Polar dan Non Polar

Perbedaan Ikatan Kovalen Polar dan Non Polar - Hallo sahabat Info Ndeso, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Perbedaan Ikatan Kovalen Polar dan Non Polar, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel catatan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Perbedaan Ikatan Kovalen Polar dan Non Polar
link : Perbedaan Ikatan Kovalen Polar dan Non Polar

Baca juga


Perbedaan Ikatan Kovalen Polar dan Non Polar


Ikatan Kovalen memiliki pengertian adalah ikatan kimia yang terjadi jika adanya penggunaan pasangan elektron secara bersama-sama oleh atom-atom yang berikatan. Dengan kata lain, pasangan elektron ini digunakan bersama-sama (shared electron / elektron sekutu). Sebagai contoh sederhana adalah adanya ikatan kovalen yang terjadi antara unsur hidrogen dengan oksigen membentuk air (H2O). Masing-masing ikatan kovalen mengandung dua elektron, yaitu satu berasal dari hidrogen dan satunya lagi berasal dari oksigen.

Jenis-jenis Ikatan Kovalen
Ada dua macam ikatan kovalen, yaitu ikatan kovalen polar dan non polar. Perbedaan di antara keduanya adalah asal pemakaian elektron yang digunakan untuk berikatan. Berikut adalah perbedaan ikatan kovalen polar dan nonpolar.


1. Ikatan Kovalen Polar
Ikatan kovalen polar adalah ikatan kovalen yang terbentuk ketika elektron sekutu di antara atom tidak benar-benar dipakai bersama. Hal ini terjadi ketika satu atom mempunyai elektronegativitas  yang lebih tinggi daripada atom yang lainnya. Atom yang mempunyai elektronegativitas yang tinggi mempunyai tarikan elektron yang lebih kuat. Akibatnya elektron sekutu akan lebih dekat ke atom yang mempunyai elektronegativitas tinggi.
Dengan kata lain, akan menjauhi atom yang mempunyai elektronegativitas rendah. Ikatan kovalen polar menjadikan molekul yang terbentuk mempunyai potensial elektrostatis. Potensial ini akan membuat molekul lebih polar, karena ikatan yang terbentuk dengan molekul polar lain relatif lemah.
Contoh senyawa kovalen polar adalah NH3,PCl3, H2O, dan Cl2O.


2. Ikatan Kovalen Non Polar
Ikatan kovalen nonpolar adalah ikatan kovalen yang terbentuk ketika atom membagikan elektronnya secara setara (sama). Biasanya terjadi ketika ada atom mempunyai afinitas elektron yang sama atau hampir sama. Semakin dekat nilai afinitas elektron, maka semakin kuat ikatannya.
Ikatan kovalen nonpolar terjadi pada molekul gas, atau yang sering disebut sebagai molekul diatomik. Ikatan kovalen nonpolar mempunyai konsep yang sama dengan ikatan kovalen polar, yaitu atom yang mempunyai nilai elekronegativitas tinggi akan menarik elektron lebih kuat. Pernyataan tesebut benar, namun jika terjadi pada molekul diatom (dimana atom penyusunnya adalah sama) maka elektronegativitas juga sama.

Contohnya pada Iodine (I). Dalam pembentukan molekul I2, kedua elektron dalam ikatan kovalen digunakan secara seimbang oleh kedua inti atom iodin tersebut. Oleh karena itu, tidak akan terbentuk muatan (tidak terjadi pengutuban atau polarisasi muatan). Contoh senyawa lain yang memiliki bentuk molekul simetris dan bersifat nonpolar adalah CH4, BH3, BCl3, PCl5, dan CO2.


Ciri-ciri senyawa polar
1.       Dapat larut dalam air dan pelarut lain
2.       Memiliki kutub positif (+)  dan kutub negatif (-), akibat tidak meratanya distribusi elektron
3.       Memiliki pasangan elektron bebas ( bila bentuk molekul diketahui ) atau memiliki perbedaan  keelektronegatifan.
  Contoh : alkohol, HCl, PCl3, H2O, N2O5.
  Ciri-ciri senyawa non polar
1.    Tidak larut dalam air dan pelarut polar lain
2.    Tidak memiliki kutub positif (+) dan kutub negatif (–),  akibat meratanya distribusi elektron
3.    Tidak memiliki PEB ( bila bentuk molekul diketahui ) atau ke elektronegatifannya sama.
       Contoh : Cl2, PCl5, H2, N2 


Untuk lebih jelasnya silahkan nonton video dibawah ini





Demikianlah Artikel Perbedaan Ikatan Kovalen Polar dan Non Polar

Sekianlah artikel Perbedaan Ikatan Kovalen Polar dan Non Polar kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang sedang membaca artikel Perbedaan Ikatan Kovalen Polar dan Non Polar dengan alamat link halaman https://tutorwow.blogspot.com/2018/05/perbedaan-ikatan-kovalen-polar-dan-non.html

0 Response to "Perbedaan Ikatan Kovalen Polar dan Non Polar"