Fitur-Fitur Hotspot Mikrotik

Fitur-Fitur Hotspot Mikrotik - Hallo sahabat Info Ndeso, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Fitur-Fitur Hotspot Mikrotik, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel jaringan, Artikel Mikrotik, Artikel networking, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Fitur-Fitur Hotspot Mikrotik
link : Fitur-Fitur Hotspot Mikrotik

Baca juga


Fitur-Fitur Hotspot Mikrotik

Salah satu dari sekian banyak fitur mikrotik yang banyak digunakan adalah Hotspot. 

Sudah banyak yg mengimplementasikan fitur Hotspot Mikrotik di lapangan, mungkin anda salah satunya. 

Kebanyakan orang beranggapan bahwa Hotspot adalah jaringan wireless seperti WiFi, Sedangkan sebenarnya Hotspot di Mikrotik adalah sebuah system untuk memberikan fitur autentikasi pada user yang akan menggunakan jaringan. Jadi untuk bisa akses ke jaringan, client diharuskan memasukkan username dan password pada login page disediakan. 


Dari penjelasan diatas, berarti Hotspot tidak hanya menunjuk ke jaringan wireless saja. Fitur Hotspot ini bisa diterapkan di semua tipe interface jaringan seperti ethernet base.



Untuk membangun sistem authentikasi pada Hotspot, sebenarnya Hotspot merupakan gabungan dari fungsi Proxy, Firewall, DNS, DHCP dan lain-lain. Tetapi anda untuk membuat sebuah hotspot server tidak perlu khawatir akan kekomplekan fungsi tersebut karena di Mikrotik anda diberikan "Bantuan" dalam bentuk Setup Wizard untuk membuatnya. 

Selain authentikasi, Hotspot pada Mikrotik juga mempunyai banyak fitur yang cukup menarik untuk diimplementasikan di jaringan anda. Fitur apa saja itu, mari kita ulas :



Limitasi (pembatasan)
Dengan menggunakan hotspot server di jaringan anda, anda nanti bisa melakukan limitasi berdasarkan:
-- berapa lama user akses jaringan (uptime), 
-- kecepatan akses (data rate), 
-- banyak data yang sudah digunakan (quota based),
-- bahkan kebijakan policy firewall

Limitasi ini bisa diterapkan per user atau mungkin per group dari jaringan anda.


Plug n Play Connectivity 
Apakah anda pernah mengalami repotnya merubah-rubah IP setiap terkoneksi ke jaringan wireless orang lain? Atau mungkin ada kasus di perangkat User memiliki security yang mengakibatkan user tersebut tidak diijinkan merubah-rubah IP pada perangkatnya? Dengan menggunakan Hotspot Server, anda tidak perlu mengkhawatirkan hal itu lagi. User bisa menggunakan sembarang IP statik di perangkatnya atau DHCP, nanti secara otomatis Hotspot server akan melakukan one to one nat agar client tersebut bisa akses ke jaringan kita. 



Demikianlah Artikel Fitur-Fitur Hotspot Mikrotik

Sekianlah artikel Fitur-Fitur Hotspot Mikrotik kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang sedang membaca artikel Fitur-Fitur Hotspot Mikrotik dengan alamat link halaman https://tutorwow.blogspot.com/2018/04/fitur-fitur-hotspot-mikrotik.html

0 Response to "Fitur-Fitur Hotspot Mikrotik"