Bahan Bakar Alternatif Pengganti BBM ( kimia kelas 10 )

Bahan Bakar Alternatif Pengganti BBM ( kimia kelas 10 ) - Hallo sahabat Info Ndeso, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Bahan Bakar Alternatif Pengganti BBM ( kimia kelas 10 ), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel HIDROCARBON, Artikel HIDROKARBON, Artikel KELAS X, Artikel KIMIA, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Bahan Bakar Alternatif Pengganti BBM ( kimia kelas 10 )
link : Bahan Bakar Alternatif Pengganti BBM ( kimia kelas 10 )

Baca juga


Bahan Bakar Alternatif Pengganti BBM ( kimia kelas 10 )



Bahan bakar minyak atau BBM merupakan salah satu sumber energi tak terbarukan pastinya akan habis suatu saat nanti. Oleh karena itu sangat penting sekali untuk mencari bahan bakar yang alternatif untuk memenuhi kebutuhan energi dunia yang selalu meningkat.


 Bahan bakar alternatif sendiri adalah bahan bakar yang dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar konvensional yang terutana bersumber dari bahan bakar fosil. Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa bahan bakar yang alternatif.

1. Ethanol

 Ethanol merupakan bahan bakar berbasis alkohol yang diperoleh dari fermentasi tanaman. Contoh tanaman yang difermentasikan untuk menghasilkan ethanol adalah jagung dan juga gandum. Yang menarik, ethanol dapat dicampur dengan bensin demi meningkatkan kualitas emisinya. Sayangnya, energi alternatif ini memiliki dampak buruk terhadap harga jual pangan.

2. Gas Alam

Gas alam sendiri sudah banyak dimanfaatkan oleh beberapa negara sebagai sumber energi. Kelebihan gas alam jika digunakan pada kendaraan yaitu menghasilkan emisi yang lebih ramah lingkungan. Namun memiliki kekurangan yaitu efek rumah kaca yang sangat buruk, bahkan mencapai 21 kali lebih buruk.

3. Listrik

Energi alternatif pengganti minyak bumi adalah listrik, tentu sudah banyak contoh di kehidupan sehari-hari. Ada beberapa alat elektronik yang dapat digunakan dengan menggunakan baterai sebagai tempat penyimpanan energi listrik. Kelebihan energi listrik ini yaitu dapat diisi ulang jika tegangan listrik di dalam baterai tersebut habis. Untuk kekurangannya sendiri yaitu adanya gas karbon yang dihasilkan dari batubara. Pasalnya, sebagian besar listrik yang ada saat ini dihasilkan oleh batubara.

4. Hidrogen

Hidrogen yang dicampur gas alam dapat menghasilkan bahan bakar yang efisien untuk kendaraan. Bahan bakar ini juga dapat digunakan pada mesin berbahan bakar listrik yang ramah lingkungan. Meski demikian, penggunaan bahan bakar hidrogen saat ini masih belum populer, mengingat teknologi dan harga yang dikeluarkan untuknya, tergolong masih sangat mahal.

5. Propana

Propana juga termasuk sebagai salah satu energi alternatif pengganti minyak bumi yang dapat Anda gunakan. Propana juga dikenal sebagai LPG, yaitu hasil olahan dari gas alam dan juga minyak mentah. LPG ini sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai bahan bakar. Jika dibandingkan dengan bensin, emisi yang dihasilkan LPG jauh lebih sedikit. Namun penciptaan metana pada propana ini ternyata jauh lebih buruk mencapai 21 kali lipat.

6. Biodiesel

Biodiesel adalah energi alternatif pengganti minyak bumi yang berasal dari minyak tumbuhan atau lemak binatang. Beberapa tanaman yang memiliki kandungan minyak tinggi seperti kelapa sawit, jarak pagar, dan kelapa merupakan harapan terakhir di saat minyak bumi kelak sudah tak ada lagi. Mesin-mesin kendaraan diesel yang menggunakan bahan bakar solar dapat menggunakan bahan bakar ini. Selain ramah lingkungan karena jumlah karbon yang terlepas dari pembakarannya, penggunaan biodiesel juga tak mengenal kata habis. Maksudnya bahan bakar ini masih dapat terus diperbarui selama tanaman atau hewan penghasil minyak masih bisa dibudidayakan.

7. E85

E85 merupakan campuran antara etanol 85% dan bensin 15%. Bahan bakar ini sering kali digunakan sebagai alternatif bagi bensin. Disamping memiliki kelebihan, bahan bakar ini juga memiliki kelemahan, yaitu kurang efisien jika dibandingkan bensin, di mana dibutuhkan dua kali lipat E85 lebih banyak dibandingkan bensin untuk menempuh jarak yang sama.


Demikianlah Artikel Bahan Bakar Alternatif Pengganti BBM ( kimia kelas 10 )

Sekianlah artikel Bahan Bakar Alternatif Pengganti BBM ( kimia kelas 10 ) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang sedang membaca artikel Bahan Bakar Alternatif Pengganti BBM ( kimia kelas 10 ) dengan alamat link halaman https://tutorwow.blogspot.com/2018/04/bahan-bakar-alternatif-pengganti-bbm.html